Sabtu, 27 September 2014

review video

Pada video yang ditampilkan pada kelas Pengantar Rekayasa Desain 24 September 2014 yang lalu, menampilkan tentang perkembangan teknologi pada tahun 2020.Pada video tersebut kita diperlihatkan akan seperti apa kira-kira perkembangan teknologi pada tahun 2020. Kita diperlihatkan tentang pengembang robot seperti manusia yang mempunya perasaan, robot untuk membantu pekerjaan rumah seperti memasak.

Tentu banyak manfaat yang kita rasakan dengan berkembangnya teknologi ini. Secara umum manfaat yang kita rasakan adalah teknologi mempermudah kehidupan manusia. Teknologi mempermudah kehidupan manusia dari segala bidang, mislanya, komunikasi, sosial, edukasi, dsb. Contoh manfaat yang dapat kita rasakan pada perkembangan teknologi adalah msilanya pada smartphone. Kita tidak perlu repot repot menyentuh layar untuk melakukan browsing, anda tinggal menyebutkan keyword yang anda inginkan dan "tadaaa" hasil pencarian andapun akan muncul. Ada juga, smart tv dimana anda tidak membutuhkan remote untuk mengganti channel. Karena tv tersebut sudah dilengkapi sensor gerakan sehingga anda hanya perlu untuk menggerakan tangan anda, dan masalah remote tv yang sering menghilang secara misterius pun terpecahkan.

Namun, apakah perkembangan teknologi yang semakin pesat ini hanya membawa dampak positif?

Mari kita analisis lebih lanjut dampak negatif yang dapati ditimbulkan teknologi.

Teknologi dapat berdampak negatif jika digunakan berlebihan. Kita semua tahu bahwa hal yang berlebihan itu tidak bagus. Bahkan Allah SWT menekankan bahwa Ia tidak suka sesuatu hal yang berlebihan. Hal ini tentunya juga berlaku dalam penggunaan teknologi. Seperti penggunaan smartphone yang berlebihan akan menyebabkan susah fokus saat belajar.

Selain itu, perkembangan teknolgi yang terlalu canggih di mana teknologi tersebut dapat menggantikan fungsi kerja manusia. Misalnya dibuat sebuah robot untuk melakukan pekerjaan bersih-bersih. Maka tidak diperlukan lagi tenaga kerja seperti office boy atau office girl karena pekerjaan tersebut dapt diganti dengan robot. Hal ini menyebabkan lapangan kerja yang tersedia pun akan menjadi semakin sedikit. Namun Para ahli menyebutkan tidak ada robot/mesin yang benar-benar dapat mendekati manusia, walaupun sudah banyak kini robot yang bisa bekerja menjadi manusia. Hal yang membuat manusia khawatir bahwa robot akan mengambil alih kehidupan manusia adalah pengaruh dari film-film tentang robot. Menurut saya, memang robot/manusia tidak akan bisa benar-benar seperti manusia, tetapi mereka dapat menggantikan posisi manusia. Misalnya, sebuah pabrik makanan yang menge-pack produksinya dengan mesin, tidak lagi menggunakan tenaga kerja manusia. Karena dengan pertimbangan yaitu menggunakan mesin akan lebih cepat dan efisien.

Lalu solusi apa yang dapat kita berikan?

Menurut saya, solusi yang terbaik adalah manusia harus cerdika dalam penggunaan teknologi. Jangan sampai teknologi memperbudak kita. Bukan kita yang memperbudak teknologi. Penggunaan teknologi yang tepat guna dan efisien tentu akansangat membantu kita dalam kehidupan.

0 komentar:

Posting Komentar